Detail Buku
JudulPenerapan Model-Based And Integrated Process Improvement (MIPI) Untuk Meminimasi Ketidaksesuaian Data Persediaan Pada Gudang Finish Goods Di PT Rachmat Perdana Adhimetal Plant 1
PengarangRevaldi, Ahmad (1120004)
PenerbitTIO/TMI POLITEKNIK STMI JAKARTA, Jakarta, 2024
Kode panggilD1 658.785 Rev P
Nomor dokumen8254
Jumlah dokumen1 eksemplar (tersedia di perpustakaan = 1 eksp)
Media
Jenis dokumenSkripsi
Keterangan- Fisik : xvii, 151 hlm; 30 cm
- No. Ind. 52/SB/TIO/24
Keyword1. GUDANG - PERSEDIAAN 2. TMI/TIO
ResensiPT Rachmat Perdana Adhimetal (RPA) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur memproduksi elemen pendukung sepeda motor. PT RPA mempunyai Customer prioritas yaitu Astra Honda Motor (AHM) dengan jumlah permintaan produk tertinggi. Salah satu produk yang dihasilkan PT RPA untuk Customer AHM yaitu Bracket yang berfungsi sebagai penyangga atau penopang pada bagian-bagian tertentu sepeda motor. Permasalahan yang terjadi adalah adanya keluhan Stakeholder yang berkaitan dengan proses pengelolaan persediaan produk Bracket Customer AHM, yaitu ketidaksesuaian data persediaan pada periode Oktober-Desember 2023 sebesar 3,23%, dengan tujuan perusahaan mengenai ketidaksesuian data persediaan sebesar 0%. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sebuah perbaikan pengelolaan persediaan menggunakan metode Model-Based and Integrated Process Improvement (MIPI), agar dapat meminimasi ketidaksesuaian data persediaan produk Bracket Customer AHM di gudang Finish Goods PT RPA Plant 1. Metode MIPI ini digunakan berdasarkan 7 langkah yaitu pemahaman bisnis, pemahaman proses, pemodelan dan analisa proses, redesain proses, penerapan proses baru, penilaian proses dan metode baru, dan peninjauan proses baru. Selain menggunakan metode MIPI, penelitian ini menggunakan metode Dedicated Storage sebagai sebuah perbaikan dalam sistem penyimpanan barang untuk mendukung dalam tercapainya keberhasilan metode MIPI. Perbaikan dalam penelitian ini dilakukan dengan merubah sebagian kegiatan proses pengelolaan persediaan menggunakan sistem digitalisasi dan memperbaiki penempatan peyimpanan barang serta perubahan pada SOP untuk mendukung berjalannya suatu sistem digitalisasi. Berdasarkan perbaikan yang telah diterapkan pada permasalahan penelitian ini, bahwa tujuan peningkatan proses bisnis dalam penelitian ini telah terwujud dan mendapatkan hasil yang dapat meminimasi ketidaksesuaian data persediaan produk Bracket sebesar 0,31% pada periode Januari-Maret 2024.

Riwayat Peminjaman

No. PeminjamStatus Tgl. PinjamTgl. Kembali

Belum pernah dipinjam


Informasi Umum

Perpustakaan STMI buka setiap hari Senin - Jum'at, mulai pukul 8.00-16.00 WIB. Istirahat pukul 12.00 - 13.00 WIB Setiap anggota perpustakaan boleh meminjam maksimal 2 buah buku secara bersamaan. Lama pinjam adalah maksimal 7 hari per buku.
Skripsi/TA hanya boleh dibaca di dalam Perpustakaan

Alamat

Jl. Letjen Suprapto 26 Cempaka Putih Timur Cempaka Putih
+62 21 42801783
humas@stmi.ac.id
perpus.politeknikstmijkt
Perpustakaan Kemenperin

Quote

'Kawan sejati ialah orang yg mencintaimu meskipun telah mengenalmu dengan sebenar-benarnya ia itu baik dan burukmu'