Detail Buku
JudulImplementasi Sistem informasi Ticketing dan Monitoring Downtime Serta Pengukuran Kemudahan User Menggunakan Metode System Usability Scale Pada Line Machining PT. Astra Otoparts Tbk. Divisi Nusametal
PengarangHanif, Ibnu Sina (1319038)
PenerbitSIIO/SII POLITEKNIK STMI JAKARTA, Jakarta, 2023
Kode panggilD3 004.678 Han I
Nomor dokumen8113
Jumlah dokumen1 eksemplar (tersedia di perpustakaan = 1 eksp)
Media
Jenis dokumenSkripsi
Keterangan- Fisik : xviii, 138 hlm; 30 c
- No. Ind. 46/SB/SIIO/24
Keyword1. WEBSITE - TICKETING DOWNTIME - SISTEM INFORMASI 2. SII/SIIO
ResensiPT. Astra Otoparts Tbk. Divisi Nusametal merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor otomotif dengan lini bisnis Alumunium Die Casting yang memproduksi part kendaraan bermotor. Jenis part yang diproduksi sangat beragam dan jumlah produksi yang sangat banyak menjadi tantangan bagi departemen produksi untuk menggunakan waktu produksi yang tersedia dengan meminimalisir downtime yang terjadi pada line machining. Kondisi saat ini, jika terjadi downtime pada line machining, operator mencatat durasi dan jenis downtime secara manual menggunakan kertas. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam penyajian data dan rawan terjadinya human error. Jika downtime harus ditangani oleh teknisi, operator masih menggunakan whatsapp untuk menghubungi teknisi. Hal ini memperlambat proses penanganan yang dapat menghambat proses produksi. Untuk menangani permasalah tersebut, perlu implementasi sistem ticketing dan monitoring downtime berbasis website dengan Node.js, Express.js, dan MySQL yang dapat mempermudah dan meningkatkan tingkat efisiensi pada proses penanganan downtime, pencatatan, dan penyajian data dengan fungsi seperti operator dapat mencatat downtime yang terjadi pada line tanpa menggunakan kertas, membuat tiket untuk downtime yang membutuhkan teknisi dalam penanganannya, mengirim notifikasi kepada teknisi bila terdapat tiket baru, mempermudah foreman dan manajer mengawasi ketersediaan line, dan dapat menyajikan data secara real-time. Untuk mengukur tingkat kemudahan penggunaan sistem, digunakan metode System Usability Scale yang dibuat oleh John Brooke pada tahun 1995 untuk menilai beberapa faktor kepuasan pengguna, kemudahan, kegunaan, kompleksitas, dan efisiensi sistem. Kesimpulan dari pengukuran yang dilakukan, didapatkan skor 77.3 yang menunjukkan kategori kemudahan layanan aplikasi dapat diterima, kategori kualitas layanan aplikasi baik dan kategori layanan aplikasi kelas C.

Riwayat Peminjaman

No. PeminjamStatus Tgl. PinjamTgl. Kembali

Belum pernah dipinjam


Informasi Umum

Perpustakaan STMI buka setiap hari Senin - Jum'at, mulai pukul 8.00-16.00 WIB. Istirahat pukul 12.00 - 13.00 WIB Setiap anggota perpustakaan boleh meminjam maksimal 2 buah buku secara bersamaan. Lama pinjam adalah maksimal 7 hari per buku.
Skripsi/TA hanya boleh dibaca di dalam Perpustakaan

Alamat

Jl. Letjen Suprapto 26 Cempaka Putih Timur Cempaka Putih
+62 21 42801783
humas@stmi.ac.id
perpus.politeknikstmijkt
Perpustakaan Kemenperin

Quote

'Hidup tanpa mempunyai TUJUAN sama seperti Layang-layang putus Miliki tujuan dan PERCAYALAH anda dapat mencapainya'