Detail Buku
JudulRancang Bangun SistemI Informasi Inventori Barang Divisi General Services Berbasis Web Di PT. Braja Mukti Cakra
PengarangEwaldo, Audrica (1318095)
PenerbitSIIO/SII POLITEKNIK STMI JAKARTA, DKI Jakarta, 2023
Kode panggilD3 658.787 Ewa R
Nomor dokumen8070
Jumlah dokumen1 eksemplar (tersedia di perpustakaan = 1 eksp)
Media
Jenis dokumenSkripsi
Keterangan- Fisik : xvi, 153 hlm; 30 cm
- No. Ind. 42/SB/SIIO/24
Keyword1. SISTEM INVENTORI - WEB 2. SII/SIIO
ResensiPerusahaan PT. BRAJA MUKTI CAKRA adalah entitas yang fokus pada produksi komponen otomotif khususnya suku cadang untuk Original Equipment Manufacturer (OEM) otomotif, Replacement Market (REM) untuk merek seperti Mitsubishi, Isuzu, Daihatsu, dan sebagainya. Selain itu, perusahaan juga menyediakan produk untuk industri berat, agribisnis, dan permesinan umum. Inventori merupakan kegiatan mengatur barang dari menerima barang dari penjual hingga menerima barang ke gudang. Salah satu kegiatan pada Inventori yaitu pengadaan barang yang dilakukan oleh divisi General Affair untuk keperluan alat sarana parasarana kantor seperti alat tulis kantor, meja, kursi dan lain-lain. Proses pengadaan barang dimulai dengan melakukan forecasting kebutuhan barang atau melakukan restock barang untuk membuat SR (Spare Part Request) yang akan diserahkan ke bagian pengadaan untuk dibuatkan permintaan pembelian barang PR (Purchase Request) untuk diserahkan ke bagian procurement untuk melakukan pembelian barang PO (Purchase Order) kepada supplier untuk dikirimkan barang. Setelah barang diterima dilakukan penginputan berita acara penerimaan barang dan penginputan pemakaian stok barang oleh pengguna. Dalam kegiatan pengadaan barang masih dilakukan secara konvensional dengan masih memanfaatkan sepenuhnya kertas untuk melakukan pencatatan serta pemberkasan transaksi keluar dan masuk barang yang menyebabkan ketidakcocokan data barang hingga seringnya melakukan kegiatan stock opname barang keseluruhan/all item dengan memakan waktu selama satu sampai dua hari dalam seminggu. Oleh karena itu dilakukanlah kegiatan pengembangan sistem inventori berbasis web. Aplikasi ini akan mengintegrasikan seluruh data yang ada menggunakan database MySQL dan sistem dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan framework Laravel serta menggunakan metode pengembangan RAD (Rapid Application Development). Dengan adanya sistem ini memudahkan proses pengelolaan inventori barang agar tidak melakukan proses penginputan dan pengarsipan data barang secara manual serta penyimpanan data yang terintegrasi memudahkan dalam proses pengelolaan data barang sekaligus membuat kegiatan stock opname barang dilakukan secara minor dengan keakuratan data barang pada sistem stock opname dapat dilakukan hanya satu jam atau lebih dalam sehari.

Riwayat Peminjaman

No. PeminjamStatus Tgl. PinjamTgl. Kembali

Belum pernah dipinjam


Informasi Umum

Perpustakaan STMI buka setiap hari Senin - Jum'at, mulai pukul 8.00-16.00 WIB. Istirahat pukul 12.00 - 13.00 WIB Setiap anggota perpustakaan boleh meminjam maksimal 2 buah buku secara bersamaan. Lama pinjam adalah maksimal 7 hari per buku.
Skripsi/TA hanya boleh dibaca di dalam Perpustakaan

Alamat

Jl. Letjen Suprapto 26 Cempaka Putih Timur Cempaka Putih
+62 21 42801783
humas@stmi.ac.id
perpus.politeknikstmijkt
Perpustakaan Kemenperin

Quote

' Mereka tak peduli dari mana kamu memulainya. Mereka melihat dari bagaimana caramu mengakhirinya.'