Detail Buku
JudulPerancangan Ulang Tata Letak Plant 1 Untuk Meminimalkan Ongkos Material Handling (OMH) Dengan Metode CRAFT Di PT Rekadaya Multi Adiprima
PengarangRA, Taufiqurrahman (1119039)
PenerbitTIO/TMI POLITEKNIK STMI JAKARTA, Jakarta, 2023
Kode panggilD1 658.2 Rat P
Nomor dokumen7659
Jumlah dokumen1 eksemplar (tersedia di perpustakaan = 1 eksp)
Media
Jenis dokumenSkripsi
Keterangan- Fisik : xi, 68 hlm; 30 cm
- 03/SB/TIO/2024
Keyword1. Tata Letak - Meminimal Ongkos - Metode Craft 2. TMI/TIO
ResensiPT Rekadaya Multi Adiprima merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif, dimana perusahaan ini memproduksi komponen otomotif roda 4. Berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi yang dilakukan pada part Bracket Radio 2DIN MK 56660, bahwa adanya permasalahan tata letak yang kurang baik pada proses produksi part Bracket Radio 2DIN MK 56660 terdapat proses produksi yang berapa pada plant yang berbeda yaitu pada plant 1 dan plant 9. Dari permasalahan yang terjadi pada PT Rekadaya Multi Adiprima maka perusahaan dapat melakukan perancangan ulang tata letak untuk dapat menghasilkan tata letak yang baik, oleh karena itu dengan melakukan perbaikan tata letak pabrik dapat menggunakan metode Computerized Relative Allocation of Facilities Technique (CRAFT). Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan jarak optimal dalam pertukaran departement, perbandingan jarak dan biaya perpindahan material handling, dan melakukan perancangan ulang tata letak pada process produksi Bracket Radio 2DIN MK 56660. Metode computerized relative allocation of facilities technique (CRAFT) dapat digunakan untuk mengidentifikasi solusi alternatif dalam meminimalkan ongkos material handling (OMH) dengan melakukan pertukaran department. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tata letak awal PT Rekadaya Multi Adiprima pada produksi part Bracket Radio 2DIN MK 56660 kurang optimal dimana total jarak perpindahan material sebesar 569 meter menggunakan 2 alat transportasi yaitu forklift dan troli barang dengan total biaya dikeluarkan sebesar Rp 82.278,22 setelah dilakukan pertukaran department didapatkan 2 alternatif dengan menggunakan 1 alat transportasi yaitu troli barang Alternatif pertama mendapatkan total jarak sebesar 546 meter dengan total biaya sebesar Rp 476,11 sedangkan alternatif kedua mendapatkan total jarak sebesar 548 meter dengan total biaya sebesar Rp 476,21. Dari kedua alternatif tersebut dapat disimpuklan bahwa alternatif yang akan dipilih yaitu pada alternatif pertama dikarenakan total jarak perpindahan material yang paling pendek yaitu sebesar 546 meter dengan biaya perpindahan material yang paling kecil yaitu sebesar Rp 476,11.

Riwayat Peminjaman

No. PeminjamStatus Tgl. PinjamTgl. Kembali

Belum pernah dipinjam


Informasi Umum

Perpustakaan STMI buka setiap hari Senin - Jum'at, mulai pukul 8.00-16.00 WIB. Istirahat pukul 12.00 - 13.00 WIB Setiap anggota perpustakaan boleh meminjam maksimal 2 buah buku secara bersamaan. Lama pinjam adalah maksimal 7 hari per buku.
Skripsi/TA hanya boleh dibaca di dalam Perpustakaan

Alamat

Jl. Letjen Suprapto 26 Cempaka Putih Timur Cempaka Putih
+62 21 42801783
humas@stmi.ac.id
perpus.politeknikstmijkt
Perpustakaan Kemenperin

Quote

'Mempertahankan mungkin lebih sulit daripada mendapatkan, tetapi tak akan ada yang sulit jika telah ada niat.'