Detail Buku
JudulPenerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada Sistem Supply Chain Management di PT Poliprima Cipta Unggul Menggunakan Odoo 16.0
PengarangRahmawati, Euis (1319071)
PenerbitSIIO/SII POLITEKNIK STMI JAKARTA, Jakarta, 2023
Kode panggilD3 658.7 Rah P
Nomor dokumen7623
Jumlah dokumen1 eksemplar (tersedia di perpustakaan = 1 eksp)
Media
Jenis dokumenSkripsi
Keterangan- Fisik : xviii, 186 hlm; 30 c
- 59/SB/SIIO/2023
Keyword1. SUPPLY CHAIN MANAGEMENT - ERP 2. SII/SIIO
ResensiPT Poliprima Cipta Unggul merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan helm dan plastic injection. Dalam mengelola pencatatan pergerakan barang dilakukan secara manual menggunakan lembar kerja. Sistem pengelolaan barang berdiri sendiri tanpa integrasi antar divisi sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memperoleh data stok karena informasi yang berasal dari divisi lain tidak dapat diakses langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan konfigurasi modul software ERP berkaitan dengan proses bisnis dalam Supply Chain Management, menyediakan form input pemesanan, pembelian material, perubahan stok barang di gudang, pengiriman finished goods, dan invoice bagi Marketing, PPIC, Pembelian, Gudang, Produksi, dan Penjualan yang terhubung ke database, serta menampilkan data jumlah finished goods menggunakan modul Inventory. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi pustaka. Pada studi lapangan, dilakukan observasi dan wawancara pada PT Poliprima Cipta Unggul. Pada studi pustaka dilakukan dengan pencarian informasi melalui berbagai literatur. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode System Prototype yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu melakukan analisis kebutuhan, pembuatan prototype, dan implementasi. Penelitian ini mengintegrasikan modul ERP pada proses bisnis yang berkaitan dengan Supply Chain Management, menginputkan data secara lebih cepat dengan form input yang terhubung ke database, dan membuat dashboard yang menampilkan jumlah sisa finished goods menggunakan modul inventory. Akhirnya, penelitian ini memberikan masukan di masa mendatang untuk meneruskan penelitian dengan melakukan integrasi lebih lanjut terhadap modul Accounting yang juga bermanfaat dalam penentuan cost dan budgeting untuk produksi. Penelitian ini menyarankan pihak perusahaan untuk berkoordinasi antar pelaku kegiatan proses bisnis (Marketing, PPIC, Pembelian, Gudang, Produksi, dan Penjualan) dalam mempelajari dan menggunakan ERP sehingga sistem dapat dijalankan, serta diperlukan dukungan kebijakan atasan terkait berjalannya sistem ERP di perusahaan.

Riwayat Peminjaman

No. PeminjamStatus Tgl. PinjamTgl. Kembali

Belum pernah dipinjam


Informasi Umum

Perpustakaan STMI buka setiap hari Senin - Jum'at, mulai pukul 8.00-16.00 WIB. Istirahat pukul 12.00 - 13.00 WIB Setiap anggota perpustakaan boleh meminjam maksimal 2 buah buku secara bersamaan. Lama pinjam adalah maksimal 7 hari per buku.
Skripsi/TA hanya boleh dibaca di dalam Perpustakaan

Alamat

Jl. Letjen Suprapto 26 Cempaka Putih Timur Cempaka Putih
+62 21 42801783
humas@stmi.ac.id
perpus.politeknikstmijkt
Perpustakaan Kemenperin

Quote

'Di Mana Ada Cinta Di Situ Tidak Ada Pemaksaan (Albert Einstein)'