Resensi | Pengembangan perangkat lunak dalam lingkungan industri semakin menuntut pendekatan yang cepat, responsif, dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi absensi berbasis QR Code untuk mahasiswa magang di PT Pupuk Indonesia, dengan penerapan metode pengembangan Extreme Programming (XP). Sistem ini dirancang untuk berjalan pada platform Android dan menggunakan teknologi Flutter untuk antarmuka pengguna, serta Firebase sebagai basis data. Pengembangan dilakukan melalui praktik-praktik inti dari Extreme Programming, seperti perencanaan yang adaptif, pengujian berulang, pengintegrasian berkelanjutan, dan komunikasi yang intensif antara tim pengembang dan klien. Penerapan XP memungkinkan perubahan kebutuhan atau fitur yang muncul selama pengembangan dapat diakomodasi dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas dan responsivitas aplikasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa pendekatan Extreme Programming berhasil memberikan hasil yang positif dalam pengembangan sistem informasi absensi ini. Proses pengembangan yang adaptif memungkinkan tim untuk merespons perubahan kebutuhan dari pihak terkait, sementara pengujian berulang membantu memastikan kualitas aplikasi. Antarmuka pengguna yang dihasilkan menggunakan Flutter memiliki responsivitas yang baik, dan integrasi dengan Firebase memungkinkan akses data absensi secara real-time. Dalam keseluruhan, pengembangan sistem informasi absensi ini menggabungkan keunggulan teknologi QR Code, platform Android, Flutter, dan Firebase dengan pendekatan Extreme Programming. Hasilnya adalah aplikasi yang adaptif dan cepat dalam merespons perubahan. Metode pengembangan ini membuktikan relevansinya dalam konteks pengembangan perangkat lunak untuk industri, terutama ketika proyek memerlukan fleksibilitas dan interaksi yang erat dengan klien. |